Skandal K-pop Tahun 2003 Muncul, Fans: Bagaimana Jika Idolaku Begitu?

JawaPos.com – Pengumuman kabar kencan bintang idola Korea memang selalu menuai pro dan kontra. Hal tersebut rupanya sudah terjadi sejak generasi pertama K-pop muncul di awal tahun 2000.

Banyak bintang idola K-pop yang menyembunyikan status hubungan kencannya dengan seseorang demi karir mereka. Alih-alih bahagia karena dapat sang pujaan hati, banyak di antara mereka yang malah hancur karena ditinggalkan penggemar, hingga akhirnya tak muncul lagi di ranah hiburan Korea.

Melansir Allkpop, sebuah skandal besar di dunia per-K-pop-an terjadi tahun 2003 di generasi pertama K-pop. Kejadian ini kembali menarik perhatian dan muncul kembali ke permukaan tidak lain karena kabar kencan Kai EXO dan Jennie Blackpink yang dirilis Dispatch pada 1 Januari lalu.

Skandal K-pop Tahun 2003 Muncul, Fans: Bagaimana Jika Idolaku Begitu?Oh Jong Hyuk dan Lee Da Hee (Allkpop)

Pasalnya tidak sedikit juga penggemar yang pro dan kontra terkait kabar tersebut. Termasuk juga mereka yang bertanya-tanya tentang apa yang akan mereka lakukan jika bintang idola favoritnya yang berkencan?

Pada 2003 lalu, skandal besar terjadi ketika salah satu dari 7 member boygrup Click B mengungkapkan bahwa ia memiliki kekasih. Ia menyampaikan hal itu di acara konser tunggal mereka yang digelar bulan Juli di Jang Choong Gymnasium. Hal ini tentu saja membuat banyak penggemarnya menangis dengan kabar yang sangat mengejutkan itu.

Saat itu, grup asuhan DSP Media itu telah selesai membawakan lagu-lagu hits mereka. Ketika sesi berbicara antar member Click B, salah satu membernya, yakni Oh Jong Hyuk tiba-tiba menyatakan sesuatu yang membuat seluruh penggemar, terutama yang mengidolakannya patah hati hingga tak dapat disembuhkan lagi.

“Sebenarnya, hari ini kekasihku ada di sini,” katanya.

Awalnya, para penggemar menyangka bahwa sang idola hanya bercanda. Namun ketika Oh Jong Hyuk menunjukkan kekasihnya yang saat itu duduk di antara penonton, sambil berkata, ‘ini adalah wanita yang aku cintai’, suasana berubah jadi sedikit kacau.

Artis pendatang baru Lee Da Hee yang menjadi kekasih Oh Jong Hyuk saat itu pun sempat menangis dengan pertunjukkan romantis yang dilakukan kekasihnya. Namun saat itu pula, mental sebagian besar penggemar langsung menurun drastis dengan sikap Oh Jong Hyuk yang berani mengumumkan kabar kencannya di depan publik.

Akibatnya, tak sedikit penggemar yang hadir di lokasi konser meninggalkan acara sembari menangis. Buntutnya, secara logistik, promosi grup Click B pun berkurang dan hampir berakhir di tahun itu juga setelah merilis album keempat yang bertajuk Cowboy.

Skandalnya bersama Lee Da Hee ini juga disebut-sebut merupakan satu-satunya penyumbang menurunnya popularitas Click B. Sebab member lainnya juga menghadapi beberapa kasus lain seperti mengemudi dalam keadaan mabuk, kontrak yang kadaluarsa, kegiatan solo preferensial, dan masih banyak lagi.

Meski masih aktif tampil di industri hiburan Korea, kabar terakhir tentang kencan Oh Jong Hyuk adalah ketika ia berkencan dengan Soyeon, member T-ara pada tahun 2015 walaupun saat ini hubungannya telah kandas juga.

Para warganet saat ini pun bertanya-tanya tentang apa yang akan terjadi jika idolanya di K-pop yang sedang naik sekarang daun terseret ke arus romansa percintaan dan mengumumkannya di acara konser.

“Ya Tuhan, sepertinya itu mimpi buruk!” tulis seorang warganet.

“Itu kasus ejekan terhadap penggemar yang pernah aku dengar,” tulis yang lain.

“Kurasa, itu hanya terjadi di awal tahun 2000-an saja,” ujar warganet berbeda.

“Kalau itu terjadi sekarang, sepertinya kekacauannya akan sama atau bahkan lebih,” pungkas lainnya.

Editor      : Deti Mega Purnamasari
Reporter : (dmp/JPC)