Ngadu ke Komnas HAM, Mulan Jameela Bukan Minta Ahmad Dhani Dibebaskan

JawaPos.com – Menyambangi kantor Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM), Jakarta, pada Kamis (7/2), penyanyi Mulan Jameela mengadukan hak suaminya, Ahmad Dhani yang diduga dilanggar. Sebab, dipindahkan penahanannya dari Rutan Cipinang, Jakarta Timur, ke Rutan Medaeng di Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Namun, melalui juru bicara keluarga, Lieus Sungkharisma, Mulan tidak meminta kebebasan suaminya atas kasus hukum di Surabbaya kepada Komnas HAM. Melainkan, hanya meminta keadilan untuk Ahmad Dhani menyangkut tempat penahanan.

“Jadi, catatannya kita ke Komnas ini bukan untuk meminta tolong Dhani dibebaskan, tetapi biarkan sidang. Karena Ahmad Dhani pesan sama kita, dia akan hadapi semua persidangan yang dituduhkan kepada dia,” ungkap Lieus saat mendampingi Mulan di kantor Komnas HAM, Jakarta, Kamis (7/2).

Ngadu ke Komnas HAM, Mulan Jameela Bukan Minta Ahmad Dhani DibebaskanAhmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara dalam sidang di PN Jakarta Selatan, Senin (28/1). (Aginta Kerina/JawaPos.com)

Menurut Lieus, Dhani tidak akan taat pada hukum. Bahkan, tidak akan meminta tempat penahanan khusus, seperti yang pernah dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ketika mengajukan ditahan di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

“Dia (Ahmad Dhani) bilang nggak akan tiru itu cara-cara Ahok itu ditahan di Cipinang terus minta ditahan di Mako BBrimob, nggak ada itu. Dia siap ditahan di rumah tahanan negara tapi jangan yang jauh dari keluarga,” pungkas Lieus.

Diketahui, penahanan Ahmad Dhani memang dipindah dari Rutan Cipinang, Jakarta Timur, ke Rutan Medaeng di Surabaya. Pemindahan tersebut dilakukan karena Dhani harus menjalani sidang kasus ujaran kebencian di Surabaya.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Yuliani