Masih Inget Mantan? Begini Tips Move On dari Giorgino Abraham

JawaPos.com – Belum lama putus dari Irish Bella, pesinetron Giorgino Abraham tidak butuh waktu lama untuk move on. Bahkan, pria yang akrab disapa Gino ini mengaku masih berhubungan baik dengan para mantannya.

Padahal, belum lama ini, sang mantan, Irish Bella dilamar oleh pesinetron Ammar Zoni. Gino mengatakan selalu berusaha baik pada siapapun, sebagaimana diajarkan oleh kedua orang tuanya.

“Mantan-mantan aku selalu inget sama aku, karena aku orang baik. Aku serius. Orang tua aku adalah orang-orang yang mengajarkan kebaikan. Nggak usah mantan aku, temen-temen aku aja kalau ketemu orang tua aku pasti nyaman,” kata Gino, belum lama ini.

Masih Inget Mantan? Begini Tips Move On dari Giorgino AbrahamBuat Giorgino Abraham kunci move on adalah harus dari hati dan jujur pada diri sendiri. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

Penasaran bagaimana menyembuhkan rasa patah hati dengan cepat? Gino pun membagikan tips move on pada JawaPos.com.

1. Dimulai dari Hati

Menurut Gino, saat seseorang ingin move on dari mantannya, harus dimulai dari hati. Dengan niat membahagiakan dan mencintai diri sendiri.

“Kalau menurut aku, move on itu nomer satu harus dari diri sendiri. Kita harus bisa membahagiakan diri kita sendiri,” ujar Gino.

2. Bukan cari Pelarian

Kemudian, Gino menegaskan bahwa move on tidak melulu harus memiliki pasangan baru. Sebaliknya, menyelesaikan dahulu perasaan yang lama agar tidak menjadi cari pelarian.

Move on itu datengnya dari hati bukan karena udah dapet pengganti baru, bukan kaya gitu. Kalau udah dapet pengganti tapi pikirannya masih ke mantan, ya belum move on,” lanjut Gino.

3. Memaafkan dan Jujur

Memberikan maaf adalah salah satu hal terpenting saat mengawali diri untuk move on. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk melangkah karena tidak ada lagi ganjalan di hati.

“Kita bisa memaafkan kesalahan orang itu (mantan). Kalau kita yang bersalah, kita yang minta maaf,” ucap Gino.

Sebaliknya, lanjut Gino, jika kesalahan dari pihaknya maka lebih baik jujur dan meminta maaf. Sebab, kejujuran penting bukan hanya untuk pasangan tetapi juga untuk diri sendiri.

“Harus jujur. Pokoknya semua yang jujur itu pasti lebih enak. Contoh, aku bikin salah sama salah satu mantan aku yang membuat kita putus, ya aku harus minta maaf. Kalau sebaliknya, kita tidak bisa berharap orang itu melakukan yang sama seperti kita. Maka, kitanya yang harus bisa memaafkan,” ungkapnya.

4 . Tak Perlu Hapus Kontak

Selanjutnya, salah satu langkah untuk bisa move on adalah dengan tidak menghapus kontak mantan atau nge-blocked media sosial mantan.

“Nggak usah nge-blocked media sosial dia (mantan). Pokoknya tetap berhubungan baik,” papar Gino.

5. Tak Apa Stalking Mantan

Terakhir, menurut Gino, membebaskan diri untuk tetap mencari tahu tentang mantan. Sebab, dorongan untuk stalking atau sekadar cari tahu kabar mantan adalah hal yang wajar. Dengan catatan, harus tetap ingat bahwa hubungan yang pernah dijalani telah usai.

“Kita nggak bisa bohong juga, siapapun mantan itu kan pernah menjadi bagian dari kita. Pasti kita akan stalking, it’s normal. Kita harus jujur sama diri kita bahwa ‘loe udah selesai’. Selesai baik-baik,” pungkas Gino.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Aginta Kerina Barus