Makin Populer, Tahun 2018 Ada 89 Juta Penggemar Korea di Seluruh Dunia

JawaPos.com – Penggemar Hallyu atau Korean Wave di seluruh dunia semakin hari semakin bertambah. Tak mengherankan jika saat ini jumlahnya sudah mencapai 89 juta orang di 113 negara.

Hal tersebut merupakan data yang dikeluarkan oleh Pemerintah Korea dan beberapa yayasan yang berafiliasi, The Korea Foundation, pada Kamis (10/1) lalu. Seperti dilansir dari The Korea Times, data dari tahun 2018 menunjukkan bahwa jumlah penggemar kebudayaan Korea di seluruh dunia meningkat 22 persen menjadi 89,19 juta, dari semula 73,12 juta penggemar pada tahun 2017.

Meningkatnya jumlah penggemar dunia itu juga tidak terlepas dari popularitas BTS yang melonjak tajam. Grup asuhan Big Hit Entertainment itu bahkan berhasil menyentuh dan naik pesat di Amerika, yang hal tersebut tidak pernah terjadi sebelumnya di Negeri Paman Sam. Hal itu pula yang membuat Hallyu kembali bersinar dan meruntuhkan stereorip Asia di sana.

Makin Populer, Tahun 2018 Ada 89 Juta Penggemar Korea di Seluruh DuniaPenggemar di Jepang saat menyaksikan MAMA 2018 (CJ ENM/The Korea Times)

Tidak hanya K-pop, penggemar pun bermunculan di berbagai genre lain seperti kecantikan dan makanan. Data juga menunjukkan pada Desember 2018 terdapat 1.843 fan klub Hallyu di 113 negara di dunia. Jumlah tersebut tidak memasukkan data fan klub yang ada di Korea, tetapi mereka menganggap bahwa organisasi para penggemar untuk penyanyi, aktor, budaya, makanan, klub taekwondo, dan warga Korea di universitas juga dihitung sebagai penggemar Hallyu.

Data juga menunjukkan, para penggemar K-pop yang tinggal di Asia dan Oceania jumlah angkanya tertinggi, karena terdapat 70,59 juta anggota di 457 fan klub. Amerika, menempati posisi kedua, yakni 11,8 juta anggota di 712 fan klub. Disusul oleh Eropa sebanyak 6,57 juta anggota di 534 klub, serta Afrika dan Timur Tengah sebanyak 230 ribu anggota di 140 klub.

Sementara itu di Jepang, penggemar Hallyu melesat tiga kali lipat melebihi 300 ribu. Pertumbuhan penggemar di negara-negara Asia lainnya juga terus terjadi.

Para penggemar di klub-klub itu juga dilaporkan aktif seperti yang ada di Eropa dan Amerika Latin, sedangkan di Afrika dan Timur Tengah, jumlahnya juga terus bertumbuh.

Dari laporan tersebut, terdapat usulan untuk memberikan kebijakan kepada para penggemar Hallyu perempuan. Pasalnya, perempuan muncul sebagai konsumen utama kosmetik, pariwisata, dan bidang lainnya. Diperkirakan, jumlah penggemar Hallyu di seluruh dunia ini bisa mencapai 100 juta pada 2020 mendatang.

Editor           : Deti Mega Purnamasari