Lebih Ringan dari Tuntutan, Vonis Ahmad Dhani 1,5 Tahun Penjara

JawaPos.com – Dalam sidang ujaran kebencian yang digelar di Pengadilan Negeri (PN), Jakarta Selatan, Senin (28/1), musisi Ahmad Dhani divonis satu tahun dan enam bulan penjara karena dinyatakan terbukti melakukan ujaran kebencian melalui cuitannya di akun Twitter miliknya @AHMADDHANIPRAST.

“Menyatakan Ahmad Dhani Prasetyo alias Ahmad Dhani terbukti melakukan tindak pidana dan dihukum dengan hukuman penjara selama 1 tahun dan 6 bulan,” kata Ketua Majelis Hakim, Ratmoho, saat membacakan amar putusannya.

Menurut hakim, vonis tersebut dijatuhkan setelah mempertimbangkan dua hal. Pertama, perbuatan terdakwa Ahmad Dhani dinilai bisa memecah belah masyarakat. Kedua, terdakwa belum pernah melakukan tidak pidana sebelumnya.

Lebih Ringan dari Tuntutan, Vonis Ahmad Dhani 1,5 Tahun PenjaraAhmad Dhani didampingi putra ketiganya, Dul Jaelani, menghadapi sidang putusan di PN Jakarta Selatan, Senin (28/1). (Aginta Kerina/JawaPos.com)

Vonis 1,5 tahun penjara tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa sebelumnya. Dalam sidang yang dihelat 26 November 2018, Jaksa Penuntut Umum (JPU) meminta Ahmad Dhani divonis 2 tahun penjara karena dinyatakan terbukti melakukan ujaran kebencian.

Dalam pertimbangannya, jaksa menyatakan tiga cuitan Ahmad Dhani di akun Twitter-nya sebagai ujaran kebencian. Tiga ujaran tersebut, yakni 1) Yang menistakan agama si Ahok yang diadili KH Ma’ruf Amin; 2) siapa saja mendukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya; 3) dan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa penista agama jadi gubenur, kalian waras’.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Aginta Kerina Barus