Kritikus Budaya Sebut Peran Agensi di Penjualan Informasi Artis K-pop

JawaPos.com – Belakangan, serangan Baekhyun kepada sasaeng fans (penggemar penguntit) yang menjual informasi pribadi para member EXO menuai perhatian besar. Seorang kritikus budaya, Kim Sung Soo menyatakan, kejadian penjualan informasi pribadi selebriti tak terlepas dari peranan agensi artis itu sendiri.

Melansir Soompi, Senin (7/1), hal tersebut disampaikannya dalam siaran CBS radio, Kim Hyun Jung News Show. Ia mengatakan, agensi akan sulit membuat tindakan hukum bagi penjual informasi pribadi seperti itu. Sebab, apabila penjual ditangkap, maka pembelinya pun harus diperlakukan sama.

“Namun pembelinya adalah penggemar. Jika Anda membuat tanggapan hukum terlalu kuat, itu bisa memiliki efek di luar apa yang diinginkan agensi,” katanya.

Menurutnya, masa promosi untuk menjadi bintang idola cukup singkat. Jika kontraknya tujuh tahun, maka agensi berinvestasi selama empat tahun dan menuai hasilnya selama tiga tahun. Bagi agensi, hal ini tidak sepadan dengan risiko yang diambil mereka.

Namun, katanya, sebenarnya yang mendorong kebocoran informasi seperti itu adalah agensi sendiri. Misalnya seperti jadwal artis tersebut akan hadir di konser A atau tampil di acara B.

“Orang mungkin mengatakan bahwa metode pertama dimana fandom menjadi korban dari penjahat diajarkan oleh agensi sendiri,” lanjutnya.

Kendati demikian, menurutnya beberapa respons dari agensi terkait hal ini diperlukan karena bagaimanapun, penjualan informasi pribadi dapat menyebabkan kerusakan emosional dan materi.

Seperti diketahui, pada Sabtu (5/1) lalu, Baekhyun EXO memergoki seorang sasaeng fans yang sedang menjual informasi pribadi para member EXO di Twitter. Mulai dari nomor telepon, alamat rumah, hingga nomor pribadi keluarga member.

“Apakah diperbolehkan menjual informasi orang lain seperti ini?” tulis Baekhyun dalam cuitannya kepada akun penjual itu.

Meskipun saat ini cuitan Baekhyun itu telah dihapus, tetapi ia mendapat pujian karena berani menyerang sasaeng dengan cara seperti itu. Baekhyun sendiri memang dikenal tak menyukai para sasaeng fans tersebut.

Editor      : Deti Mega Purnamasari
Reporter : Deti Mega Purnamasari