Kakak Robby Tumewu Ungkap Adiknya Sudah Sulit Merespon Selama 3 Tahun

JawaPos.com – Aktor Robby Tumewu menghembuskan napas terakhir pada Senin, 14 Januari 2019. Saat ini jenazah berada di Rumah Duka, Oasis Lestari, Tangerang, Banten.

Kakak kandung dari Robby, Renee, mengatakan bahwa sebelum meninggal adik kesayangannya itu mengidap flu yang kemudian berujung komplikasi.

“Sebenarnya sih nggak apa-apa tapi akhir-akhir ini dia kayak flu gitu. Terus, jadi komplikasi gitu ya,” ucap Renee yang ditemui di rumah duka, kawasan Bitung, Tangerang, Senin, (14/1).

Kakak Robby Tumewu Ungkap Adiknya Sudah Sulit Napas Sebelum MeninggalKakak kandung Robby Tumewu, Renee, mengungkapkan bahwa sang adik memang sudah sulit bernapas sebelum meninggal. (Yuliani NN/JawaPos.com)

Sebelumnya, pada hari Minggu malam, 13 Januari 2019, Renne juga mengatakan bahwa pernapasan Robby sudah tidak normal.

“Saya ada di rumah, waktu itu dia engap-engap kayak ikan di darat. Saya sudah bilang sama pengasuhnya, ini kayaknya ada yang nggak beres. Kata pengasuhnya tadi malem juga begitu terus normal lagi,” papar Renee.

Dua jam setelah pernapasan adiknya itu tidak stabil, dia tiba-tiba diberitahu oleh perawat bahwa adiknya itu sudah tidak merespon apa-apa lagi. Renee kemudian langsung memanggil dokter. Sampai akhirnya dokter menyebut bahwa adik kesayangannya itu telah tiada.

Lebih lanjut, sang kakak yang tinggal menetap di Indonesia-Jerman itu mengaku tidak menerima pesan terakhir dari Robby. Hal itu lantaran sang adik telah lama tidak responsif dan mengenal orang lagi.

“Kondisinya di tempat tidur ya. Udah nggak bisa apa-apa, udah 3 tahun, nggak bisa ngomong dia udah lama tapi (dia) ngerti,” tandasnya.

Namun, Renee bersyukur bahwa adiknya itu meninggal dengan tenang.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Yuliani