Jadwal Padat, Ini Cara Simple Rizky Febian Jaga Suara dan Kesehatan

JawaPos.com – Sebagai penyanyi dengan jadwal manggung yang padat, Rizky Febian mengaku akhir-akhir ini sulit memiliki waktu tidur lebih banyak. Apalagi, penyanyi yang akrab disapa Iki ini mengaku termasuk orang yang susah tidur.

Khawatir kurang waktu tidur akan berpengaruh ke kondisi suara dan kesehatannya, pria 20 tahun ini mengaku sedang berusaha membagi waktu untuk istirahat.

“Kebetulan saya kan susah tidur, sekarang lagi mecoba agar nggak susah tidur. Sekarang jam-jam tidur masih rusak lah. Harusnya, jam-jam tidurnya lebih banyak. Cuma bagaimana susah,” kata Rizky saat ditemui belum lama ini.

Cara Simpel Rizky Febian Jaga Suara dan Kesehatan dalam KesibukannyaRizky Febian saat berduet dengan Brisia Jodie dalam konser musik spesial ‘Cerita Tentang Cinta’. (Imam Husein/Jawa Pos)

Selain tengah menjaga pola tidurnya, Iki juga mengaku menjaga kualitas suaranya dengan tidak terlalu banyak bernyanyi sebelum manggung. Sebab, dia tidak mau suaranya tidak enak didengar saat tampil di atas panggung.

“Iki sih lebih misalkan, ada acara lebih ngejaganya suara dengan nggak terlalu banyak nyanyi, tapi saya tuh tipikal yang kalau ada musik aja nyanyi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Iki memastikan bahwa dia tidak memiliki pelatih vokal khusus. Dia hanya banyak belajar olah vokal dari kedua orang tuanya.

“Nggak ada guru saya. Guru saya, ayah dan ibu saya,” pungkas Iki.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Aginta Kerina Barus