Gempa 6,7 SR Guncang Chile Saat Super Junior Tampil di Konser SMTOWN

JawaPos.com – Hari kedua konser SMTOWN Special Stage in Chile digelar pada 19 Januari waktu setempat. Namun acara tersebut sempat menimbulkan kepanikan penggemar yang tidak berada di lokasi karena kabar gempa berkekuatan 6,7 SR yang tiba-tiba mengguncang saat Super Junior sedang tampil.

Dalam video yang diambil penggemar dan diunggah akun Twitter @WeLoveChoiSiwon tampak Siwon dan Yesung yang sedang bernyanyi memasang wajah terkejut karena getaran yang dirasakan mereka dengan tiba-tiba.

“Gempa berkekuatan 6,8 SR mengguncang Chile di tengah penampilan Super Junior di Ahora Te Puedes Marchar. Banyak penggemar yang mengatakan mereka tidak merasakan (gempa), tetapi (di video yang diunggah) terlihat Siwon dan Yesung seperti terguncang,” cuit akun tersebut.

Di video lain yang diunggah penggemar, member Super Junior lain, yakni Ryeowook, Eunhyuk, Donghae, dan Shindong yang tengah menaiki kereta kecil saat mengelilingi panggung juga terkejut dan merasakan guncangan yang disebut sebagai gempa tersebut. Mereka tampak langsung berpegangan pada kereta itu.

“Mereka semua merasakannya. Ya Tuhan, syukurlah semuanya baik-baik saja. Aku harap tidak ada satu pun yang terluka dari penggemar, artis, dan juga staf,” tulis akun @hardcore_elf.

Para penggemar yang melihat postingan itu pun langsung mengungkapkan kekhawatirannya dan berharap semuanya tetap dalam keadaan aman. Namun tak sedikit penggemar yang mengatakan bahwa gempa tersebut bukan di lokasi tempat digelarnya acara konser.

“Itu (konser) bukan di Ahora Te Puedes Marchar. Leeteuk sedang berbicara ketika gempa terjadi. Orang-orang tidak merasakan getarannya dan aku rasa mereka juga. Kami ada di Santiago, bahkan tidak ada peringatan Tsunami di sini. Itu (gempa) di tempat lain. Kami di sini aman dan mereka juga,” respons akun @jngtkw.

Sebagian diantaranya mengatakan bahwa terdapat guncangan di kereta yang member Super Junior tumpangi karena kereta tersebut didorong oleh petugas yang kurang bisa mengimbangi.

“Di video lain hal itu (petugas mendorong) terlihat sangat jelas,” ujar akun lainnya sembari memberikan video yang dimaksudnya.

Adapula yang mengatakan bahwa lantai di lokasi konser tidak rata sehingga menyebabkan guncangan di kereta itu terjadi.

“Aku ada di sana dan lantainya memang tidak rata. Itulah mengapa mereka terguncang. Tidak ada yang merasakan apapun, terima kasih Tuhan,” tulis akun @haehaesaranghae

Diberitakan oleh CTV News, gempa bumi berkekuatan 6,7 SR mengguncang kota-kota di pantai utara Chile pada Sabtu malam pukul 10.32 malam, waktu setempat. Namun tidak ada laporan kerusakan atas kejadian tersebut.

Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan bahwa pusat gempa berada di 15,6 kilometer (9,7 mil) selatatan-barat daya Coquimbo dan memiliki kedalaman 53 kilometer.

Pihak yang berwenang dari pemerintah setempat mengatakan bahwa gempa tersebut tidak memiliki karakteristik untuk menimbulkan Tsunami. Namun gempa tersebut dirasakan kuat di Chile bagian utara.

Adapun para artis SM Entertainment berada di Chile untuk menggelar konser bertajuk SMTOWN Special Stage in Santiago yang dilaksanakan pada 18-19 Januari. Beberapa artis SM yang tampil di konser tersebut adalah BoA, Super Junior, Yuri dan Hyoyeon Girls Generation, Key dan Taemin SHINee, Amber f(x), EXO, Red Velvet, NCT 127, dan NCT Dream.

Editor           : Deti Mega Purnamasari