Diperlakuan Istimewa, Gelar Pendidikan 7 Selebriti Korea Dibatalkan

JawaPos.com – Sebanyak tujuh orang selebriti Korea dibatalkan gelar pendidikannya di universitas oleh Kementerian Pendidikan Korea. Mereka adalah Doo Joon, Gikwang, dan Junhyung Highlight, Hyunseung (mantan member BEAST), Eunkwang dan Sungjae BTOB, serta penyanyi folk, Chu Ga Yeol.

Dibatalkannya gelar pendidikan universitas yang mereka dapatkan karena dari hasil penyelidikan kementerian, diketahui mereka terbukti menerima perlakukan istimewa dari kampusnya, yakni Universitas Dongshin.

Pada Senin (14/1), melansir Soompi, Tim Promosi Pemulihan Kepercayaan dari Kementerian Pendidikan Korea menggelar rapat hasil inspeksi dari kecurigaan terhadap ketidakadilan dan korupsi yang terjadi di Universitas Dongshin dan Universitas Busan Kyungsang.

Diperlakuan Istimewa, Gelar Pendidikan 7 Selebriti Korea DibatalkanKementerian Pendidikan Korea (Newsis)

Berdasarkan laporan dari Kementerian Pendidikan, aktivitas siaran para selebriti di Universitas Dongshin tetap diakui sebagai kehadiran meskipun mereka tidak hadir di kelas. Hal tersebut merupakan kebijakan internal dari departemen kampus bersangkutan.

Namun, hal itu dianggap merupakan perlakuan khusus yang diterima para selebriti tersebut karena tidak ada peraturan tertulis mengenai itu sebelum tahun 2015. Selain itu, tidak ada regulasi yang mendelegasikan depatemen bersangkutan untuk mengelola kehadiran mereka secara berbeda dengan mahasiswa lainnya.

Atas hal ini, Kementerian Pendidikan pun menetapkan bahwa kehadiran para mahasiswa itu tidak dapat diakui dengan cara seperti demikian. Akibatnya, Doo Joon, Gikwang, Junhyung, Hyunseung, Eunkwang, dan Sungjae harus kehilangan gelar dari universitas yang telah mereka peroleh.

Sementara itu, penyanyi Chu Ga Yeol yang bertindak sebagai asisten profesor untuk Departemen Musik Terapan, kendati tidak memiliki gelar sarjana, ia secara bersamaan hadir di Departemen Penyiaran dan Hiburan sebagai mahasiswa.

Hal tersebut sudah dikonfirmasi bahwa ia tidak menghadiri kelas sejak waktunya untuk menghadiri kuliah tumpang tindih dengan waktunya mengajar sebagai asisten profesor. Oleh karena itu gelar yang ia dapat dari status mahasiswa dan posisinya sebagai asisten profesor juga dibatalkan.

Melansir Koreaboo, berita tentang para mantan member BEAST (saat ini bernama Highlight) yang menerima perlakuan khusus di universitas muncul pada Agustus 2018 lalu. Mereka dikabarkan menerima perlakuan khusus untuk kehadiran, beasiswa, dan kelulusan.

Saat itu, agensi Highlight, Around Us Entertainment dan agensi Hyunseung, Cube Entertainment, membantah bahwa mereka menerima perlakukan khusus dan menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar.

Editor           : Deti Mega Purnamasari