Choi Jonghoon Susul Seungri dan Jung Joon Young Diperiksa Polisi

JawaPos.com – Menyusul dua rekannya, Seungri dan Jung Joon Young, mantan member FTISLAND, Choi Jonghoon akan menghadiri penyelidikan polisi pada Sabtu (16/3) pukul 10.00 waktu Korea. Jonghoon dikabarkan akan diselidiki sebagai tersangka oleh Divisi Detektif Khusus Provinsi Kepolisian Metro Seoul.

Melansir Soompi, media Newsis melaporkan bahwa diselidikinya Jonghoon karena dugaan dirinya telah membagikan foto dan video seorang perempuan yang sedang tidur di grup chat. Hal tersebut terungkap Kamis (14/3) sebagaimana pengakuannya mengonfirmasi pemberitaan yang beredar.

Tidak hanya itu, Jonghoon juga dicurigai telah meminta pihak kepolisian untuk menutupi berita terkait insiden mengemudi dalam keadaan mabuk yang dilakukannya pada tahun 2016. Hal tersebut baru terungkap setelah polisi menganalisis isi percakapan grup chat yang dihuninya bersama Jung Joon Young dan Seungri.

Choi Jonghoon Susul Seungri dan Jung Joon Young Diperiksa PolisiSeungri dan Jung Joon Young saat akan menjalani pemeriksaan di Kepolisian Metro Seoul, Kamis (14/3) (Koreaboo)

Dugaan lain yang menghampirinya adalah bahwa ia dilaporkan pergi ke sebuah klub di Taiwan dengan Seungri dalam jangka waktu satu bulan setelah kasus mengemudi dalam keadaan mabuk itu. Seungri dan Jonghoon memang diketahui berteman dekat.

Menurut sumber dari kepolisian, seorang letnan yang terkait dengan kasus Jonghoon mengemudi dalam keadaan mabuk telah diinvestigasi. Saat kasus Jonghoon terjadi, Letnan A merupakan pemimpin tim di Unit Investigasi Lalu Lintas di Kantor Polisi Yongsan dan sudah diinterogasi.

“Namun hubungan kedekatan mereka belum dapat dikonfirmasi,” kata sumber itu.

Adapun percakapan dalam grup chat ditemukan bahwa Jonghoon berbicara tentang kasusnya itu yang terjadi pada Maret 2016. Kemudian Seungri menanggapinya dengan mengatakan bahwa CEO Yuri Holdings membantu Jonghoon untuk menutupi berita itu dengan menggunakan banyak uang.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa saat ini, Letnan A dikabarkan tidak menerima panggilan eksternal dan tampaknya yang bersangkutan tidak akan bekerja di kantor polisi untuk sementara waktu.

Sumber polisi lainnya yang pernah bekerja sama dengan Letnan A saat itu mengatakan bahwa ketika itu dirinya tidak menerima perintah untuk memastikan bahwa pemberitaan tidak keluar dan tekanan untuk itu.

“Tapi aku punya catatan bahwa banyak selebriti yang berkendara sambil mabuk pasti diketahui pers sehingga untuk kasus Choi Jonghoon yang tidak diketahui ini agak aneh,” ujar sumber itu.

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap Seungri, Jung Joon Young, mantan CEO Yuri Holdings Yu In Suk, dan mantan karyawan klub pada Kamis (14/3) yang berakhir Jumat (15/3), polisi telah mengidentifikasi siapa kepala polisi yang kerap mereka bicarakan di grup chat itu.

Mereka mengatakan bahwa polisi itu berpangkat pengawas senior yang disebut sebagai A dan telah dipanggil oleh polisi untuk ditanyai tentang hubungan dan interaksinya dengan Seungri dan Jung Joon Young serta rekan-rekannya yang lain. Termasuk juga apakah menggunakan kekuasaannya untuk membantu mereka.

Editor           : Deti Mega Purnamasari