Beli Tanah di Dekat Jalur Kereta Baru, IU Dituduh Cari Keuntungan

JawaPos.com – Kabar kurang menyenangkan tiba-tiba menghampiri IU. Penyanyi cantik itu dikabarkan masuk ke dalam daftar orang-orang yang diuntungkan dengan dibukanya jalur sistem rel kereta cepat terbaru di Korea, GTX.

Sebuah laporan outlet berita Korea, Sky E-Daily menulis, keuntungan yang dimaksud adalah tanah milik IU yang berada di jalur tersebut harganya saat ini berada di seputar angka 6,9 miliar Won atau sekitar USD 6,1 juta. Padahal saat IU membelinya pada Januari 2018 lalu, hanya sekitar 4,6 Miliar Won atau sekitar USD 4,1 juta.

Melansir Soompi, tiga jalur baru kereta tersebut yang menghubungkan Seoul ke pinggiran Provinsi Gyeonggi sedang dikembangkan. Tanah IU, seperti yang dilaporkan Sky E-Daily berada di salah satu kota yang akan dilewati jalur baru tersebut.

Dalam daftar orang-orang yang diuntungkan dari pembukaan jalur GTX tersebut, IU merupakan satu-satunya selebriti dan perempuan. Bahkan ia juga disebut-sebut menerima manfaat paling besar dari hal itu.

Akibatnya, IU pun menjadi bulan-bulanan warganet Korea dan menuduhnya telah melakukan penipuan investasi. Mereka berpendapat bahwa penyanyi kelahiran 1993 itu telah diberitahu soal kota-kota mana yang akan menjadi jalur GTX baru, membeli, dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi kemudian hari.

Namun, tuduhan tersebut tentu saja dibantah oleh agensi IU. Kendati membenarkan bahwa IU membeli sebuah gedung di dekat kawasan Gwacheon, Provinsi Gyeonggi pada Januari 2018 lalu, tetapi agensi menyatakan bahwa IU membelinya untuk digunakan secara pribadi.

“Dalam bangunan itu terdapat studio pribadi IU dan ruangan personal dengan 4-5 stan untuk latihan para artis junior yang didukungnya. Sisanya ruangan di gedung itu digunakan sebagai kantor bisnis ibunya,” terang agensi.

Agensi IU juga menegaskan bahwa artisnya tidak berniat untuk menjual bangunan itu dalam waktu dekat, termasuk demi mendapat keuntungan sebesar 2,6 miliar Won yang akan didapatkan IU jika menjualnya kembali.

“Satu-satunya alasan dia memilih lokasi di sana karena dekat dengan rumahnya di Bangbae,” lanjut agensi.

Editor      : Deti Mega Purnamasari
Reporter : Deti Mega Purnamasari