Atiqah dan Rio Dewanto Jenguk ke Penjara, Ratna Akhirnya Mau Makan

JawaPos.com – Menjelang berkas perkara penyebaran berita bohong dikirim penyidik ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, putri Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan mendatangi Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kamis (10/1).

Bersama suaminya, Rio Dewanto dan anaknya, Atiqah menjenguk ibundanya yang saat ini sedang menjalani masa tahanan di Rutan Polda Metro Jaya.

Tampaknya, Atiqah tengah menunggu kelanjutan proses hukum ibunya untuk dilimpahkan ke Kejaksaan. Kepada para wartawan, dia enggan berbicara banyak soal kasus drama kebohongan yang membelit nama pegiat seni dan aktivis kemanusiaan itu.

Atiqah menyampaikan, kondisi sang ibu kini sudah berangsur membaik semalam mendekam di balik jeruji besi. Meski sebelumnya, kesehatan Ratna Sarumpaet sempat berangsur memburuk di tahanan.

“Hampir setiap hari saya jenguk ke sini (Polda Metro Jaya). Ngapain lagi ke sini kalau nggak jenguk ibu. Kondisinya, sekarang sudah mendingan. Sudah mau makan,” ujar Atiqah di halaman Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Mengenai soal kasus hukum ibunya, Atiqah enggan menanggapi. Ia menyampaikan, kelanjutan proses hukum yang menyeret Ratna Sarumpaet ke pengadilan, sebaiknya ditanyakan ke pihak kepolisian.

“Yang lain-lain, tanyanya ke polisi saja yah,” tutur Atiqah.

Sebelumnya, Berkas perkara Ratna Sarumpaet sudah kembali dikirimkan kepada Kejaksaaan Tinggi DKI Jakarta, Kamis (10/1). Tim penyidik menyatakan sudah melengkapi 20 poin materi berkas perkara atas permintaan dari hasil evaluasi jaksa.

Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Metro Jaya AKBP I Gede Nyeneng menyampaikan berkas perkara Ratna Sarumpaet sudah diperbaiki oleh penyidik. Berkas tersebut segera akan diterima ke Kejaksaan untuk dipelajari dan menunggu hasil untuk dinyatakan lengkap (P21).

“Kalau sudah P21, akan diserahkan tersangka dan barang buktinya,” ujarnya di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kamis (10/1).

Editor           : Bintang Pradewo
Reporter      : Wildan Ibnu Walid