Asistennya Terbukti Konsumsi Kokain, Polisi Tes Urine Ivan Gunawan

JawaPos.com – Artis sekaligus presenter Ivan Gunawan diperiksa oleh jajaran Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat terkait kasus penyalahgunaan narkoba yang dialami asistennya, Andre Jordan. Pelaku diamankan di rumah kost No.1A kamar 23, Jalan H Najihun No.1A (Dwijaya) Gandaria Utara, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Erick Fredriz mengatakan, hasil Ivan Gunawan diberikan sejumlah pertanyaan terkait asal usul kokain seberat 6 gram yang didapat AJ.

Dari hasil BAP, AJ mendapatkan narkoba dari seorang dari Belanda yang merupakan jaringan narkoba internasional. Kemudian, saat kembali ke Indonesia, AJ menerima barang haram tersebut dari seorang kurir.

“Kenapa Ivan Gunawan ikut diperiksa, karena pada saat ke Belanda itu, AJ berangkat bersama dengan Ivan. Sehingga kami klarifikasi, Apakah di sana Ivan melihat atau mengetahui siapa yang bertemu dengan AJ di Belanda,” ujarnya di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (17/1).

Saat pemeriksaan Ivan Gunawan dites urine sebagai petunjuk protap untuk memastikan apakah yang bersangkutan terlibat mengonsumsi narkoba atau tidak.

“Tes urine itu adalah protap kami disini. Siapapun yang terkait dengan narkoba baik saksi maupun tersangka pasti akan dilakukan tes urine, dan hasilnya negatif. Bahwa saudara Ivan Gunawan tidak terkait dengan penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Saat pemeriksaan pun, Ivan menyampaikan bahwa asistennya itu meminta maaf dan menyesal. Saat diperiksa, Ivan mengatakan bahwa selama di Belanda mereka berpisah dan menginap di hotel yang berbeda.

Sehingga Ivan tidak mengetahui hal di luar pekerjaan yang ada di Belanda. Dengan kata lain, tersangka murni bertemu dengan seorang bandar tanpa sepengetahuan Ivan.

“Di sana (Belanda) tersangka ini murni bertemu langsung dengan bandar narkoba. Tanpa sepengetahuan Ivan,” kata Erick.

Sementara itu, Ivan Gunawan mengaku mendukung langkah Polres Metro Jakarta Barat dalam memberantas narkoba. Khususnya secara sigap menangkap asistennya karena kedatapan memiliki narkoba.

“Saat dicek semuanya negatif, alhamdulillah. Saya bersyukur banget Polres Jakbar bisa menangkap asisten saya lebih cepat. Karena saya takut kalau ada orang-orang yang terdekat di dalam kehidupan saya malah jadi bumerang buat saya. Saya takut ya kan?,” ujarnya.

Hikmah dari kejadian itu, kata Ivan, semoga mantan asistennya itu jera dan segera berrobat atas yang dilakukan selama ini memang tidak ada gunanya sama sekali. Bahkan, menurut Ivan, perbuatan AJ itu merugikan keluarganya.

“Saya juga mengucapkan permohonan maaf kepada keluarga besar Andri Jordan Alatas bahwa saya sebagai atasan memang saya tidak punya wewenang apa-apa untuk mengawasi anak anda (AJ) setiap hari. Karena kebetulan AJ bekerja dengan saya itu part time. Jadi, setelah jam kerja selesai ya saya kembalikan ke dia jadi saya tidak tahu,” kata Ivan.

Editor           : Bintang Pradewo
Reporter      : Wildan Ibnu Walid