Ahmad Dhani akan Ditahan di Rutan Medaeng Hingga Sidang Selesai

JawaPos.com –  Ahmad Dhani tak lagi ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur. Pentolan Dewa 19 ini dipindahkan ke utan Kelas 1 Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), demi kepentingan sidang kasus ujaran kebencian di Surabaya.

“Mas Dhani saat ini ditahan di Rutan Medaeng,” kata Ali Lubis saat dihubungi JawaPos.com, Jumat (8/2).

Menurut Ali Lubis, Ahamd Dhani dipindah ke Rutan Medaeng sejak Kamis, 7 Februari 2019 lalu. Hal itu dilakukan atas permintaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya.

Ahmad Dhani akan Ditahan di Rutan Medaeng Hingga Sidang di Surabaya SelesaiAhmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara dalam sidang di PN Jakarta Selatan, Senin (28/1). (Aginta Kerina/JawaPos.com)

“Sejak hari Kamis tgl 7 Februari 2019, atas permintaan pihak JPU kejari Surabaya ke Pengadilan Tinggi Jakarta,” lanjut Ali.

Ali mengatakan Dhani akan ditahan di Rutan Medaeng hingga proses persidangan di Surabaya usai. Sidang sendiri sudah digelar pada Kamis (7/2) kemarin, dan akan kembali digelar pada 12 Februari 2019 mendatang.

“(ditahan di Medaeng) Sampai proses persidangan selesai, Hari Selasa ada sidang dengan agenda eksepsi,” pungkas Ali.

Diketahui, Ahmad Dhani ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ujaran kebencian di Surabaya. Semua berawal dari rencana deklarasi 2019 Ganti Presiden di Surabaya pada (26/8). Dhani sebagai inisiator gagal hadir karena tidak bisa keluar hotel. Lantaran, dihadang oleh pendemo di depan hotel tempatnya menginap.

Bermaksud meminta maaf pada massa aksi 2019 Ganti Presiden, Dhani membuat vlog. Sayangnya, dalam vlog itu juga Dhani mengucapkan kata idiot. Hasilnya, massa pendemo yang tak terima melaporkan suami Mulan Jameela itu ke polisi.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Aginta Kerina Barus