Kemudi Lengket? Bersihkan Sesuai dengan Materialnya

Setir mobil harus rajin dibersihkan agar nyaman saat digenggam. CarFromJapan

Jakarta: Setir atau kemudi mobil adalah perangkat untuk mengemudikan jalannya kendaraan. Lantaran fungsinya tersebut, setir salah satu perangkat yang sering mendapat sentuhan dan jadi lebih mudah kotor. 

Kondisi setir yang kotor akan mengurangi kenyamanan pengemudi pada saat berkendara. Oleh sebab itu setir mobil juga perlu mendapat perawatan alias harus sering dibersihkan.

Menurut Fahmi yang buka bengkel Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat, setir mobil pada umumnya terbuat dari bahan vynil/plastik dan kulit. 

“Untuk setir berbahan vynil bisa dibersihkan menggunakan shampo dan air hangat. Gosok dengan sikat gigi secara perlahan, kemudian lap bersih agar kotoran yang menempel hilang,” kata Fahmi kepada Medcom.id di Bekasi, Kamis (11/10/208)  

Sementara untuk setir berbahan kulit cukup dibersihkan menggunakan air hangat. Kata Fahmi, Membersihkan perlengkapan berbahan kulit tak bisa sembarangan dan tak boleh dicuci menggunakan air sabun dan deterjen.

Karena terbuat dari kulit, sebaiknya gunakan pembersih khusus agar tidak merusak dan bikin setir lebih awet. “Cairan pembersih khusus bisa menjaga kelembapan lapisan kulit jadi tetap awet dan lentur dipakai,” terangnya.

Selamat mencoba.

(UDA)